Pidato Umar Pada Pembai’atan Sebagai Khalifah

Wahai Kaum Muslimin!

Kalian semua memiliki hak-hak atas diri saya, yang selalu bisa kalian pinta.

Jika seorang dari kalian memintakan haknya kepada saya, ia harus kembali hanya jika haknya sudah dipenuhi dengan baik.

Hak kalian yang lainnya adalah permintaan kalian bahwa saya tidak akan mengambil apa pun dari harta negara maupun dari rampasan pertempuran.

Kalian juga dapat meminta saya untuk menaikkan upah dan gaji kalian seiring dengan meningkatnya uang yang masuk ke dalam kas negara; saya akan meningkatkan kehidupan kalian dan tidak akan membuat kalian sengsara.

Juga merupakan hak, apabila kalian pergi ke medan pertempuran, saya tidak akan menahan kepulangan kalian, dan ketika kalian sedang bertempur, saya akan menjaga keluarga kalian laksana seorang ayah.

Wahai kaum muslimin, bertakwalah selalu kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala, maafkan kesalahan-kesalahan saya dan bantulah saya dalam mengemban tugas ini.

Bantulah saya dalam menegakkan kebenaran dan memberantas kebathilan. Nasihatilah saya dalam pemenuhan kewajiban-kewajiban yang telah diamanahkan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Sumber : 101 Sahabat Nabi, Hepi Andi Bastoni